Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia

PT. PERTAMINA BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA AKAN MENYELENGGARAKAN OLIMPIADE SAINS PERGURUAN TINGGI seluruh INDONESIA (OSN-PTI 2008)

Dengan Tema “Mempersiapkan Generasi Indonesia Berprestasi”

OSNPTI-2008 adalah sebuah ajang kompetisi sains tingkat nasional yang dikhususkan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan kandidat yang potensial untuk selanjutnya dibina dan diajukan dalam ajang olimpiade tingkat internasional. Kompetisi ini memperebutkan total hadiah beasiswa  sebesar 135 juta rupiah. Putaran kompetisi dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tingkat daerah dan tingkat pusat.

Bidang Yang Dilombakan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia

Hadiah dan Penghargaan

  • 1. Piagam Penghargaan
  • 2. Beasiswa (total sebesar 135 juta rupiah)

Pendaftaran dan seleksi

1.      Pendaftaran                                         : 1 September – 31 Oktober 2008

2.      Seleksi Peserta Tingkat Daerah             : 3  November 2008

3.      Seleksi Peserta Tingkat Pusat & Final     : 5-9 Desember 2008

Tempat seleksi

Seleksi Daerah

Seleksi akan dilaksanakan serentak di tiap provinsi seluruh Indonesia. Lokasi seleksi akan dipusatkan pada universitas mitra OSN-PTI 2008 atau lebih dikenal dengan universitas Local Partner yang bekerjasama dalam pelaksaan seleksi tingkat provinsi. Universitas mitra ini berada pada ibukota setiap provinsi.


Seleksi Tingkat Pusat dan Final

Setelah peserta lolos ke putaran selanjutnya, maka seleksi tingkat pusat dan final akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di kampus Universitas Indonesia.

Persyaratan Peserta

  • 1. Peserta adalah mahasiswa S1 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang masih aktif kuliah dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor.
  • 2. Jumlah peserta OSN-PTI 2008 per universitas tidak dibatasi.
  • 3. Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti lomba olimpiade tingkat mahasiswa internasional.
  • 4. Formulir dapat dikirim melalui Fax di 021-7866837 dan email di osn_pti@sci.ui.edu
  • 5. Harap untuk melampirkan kartu mahasiswa dan surat pengantar pada saat mengirimkan formulir pendaftaran via email ataupun fax.
  • 6. Formulir dapat di download melalui website www.sci.ui.edu/osnpti, dan bagi calon peserta yang telah mendownload formulir peserta dari website, diperbolehkan tidak menyertakan surat pemberitahuan dikarenakan telah adanya tanda tangan persetujuan dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor, dan harus tetap melampirkan kartu mahasiswa.

Fasilitas

  • 1. Seleksi Peserta untuk tingkat daerah akan dilaksanakan di setiap Propinsi.
  • 2. Bagi peserta yang memenangkan seleksi tingkat daerah akan mendapat fasilitas akomodasi dan transportasi untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Jakarta.

Workshop dan Seminar

Panitia menyelenggarakan seminar dan workshop bagi peserta dan pendamping.

Informasi dan Pendaftaran

Gedung A lt.2, Kampus FMIPA UI Depok 16421

Telp. 7866837, 7863436, 7863437  Fax. 7866837, 7270012

Email: osn_pti@sci.ui.edu

Website: http://sci.ui.edu

Contact Person : Bpk. Erning (021) 95642468, 081317288313

Sumber: email from

Posted under Uncategorized

This post was written by himatika on October 23, 2008

Up Grading II dan Buka Puasa Bersama

Alhamdulillah, terlaksana dengan sukses acara ”Up Grading II dan Buka Puasa Bersama”. Terimakasih kepada seluruh panitia yang selalu gigih bekerja dan juga seluruh anggota HIMATIKA yang ngga’ pernah hilang semangatnya… makasih juga buat pembicara. Tapi kasihan juga yang ngga’ dateng padahal udah mbayar…

Up Grading? Kalo diterjemahkan dengan software transtool artinya ” Atas Nilai”. Tapi makna dari Up Grading itu sendiri menurut pendapat saya adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas kerja dalam berorganisasi dengan materi organisasi serta mempererat silarurahim antar anggota melalui kebersamaan. Acara ini merupakan program kerja milik sekretaris umum HIMATIKA. Pengadaan acara ini bertepatan dengan bulan Ramadhan sehingga didalam acaranya disisipi pula materi kajian serta buka puasa bersama.

Up Grading kali ini diadakan di shelter jam 12.30. Seperti kegiatan lainya, kegiatan ini juga molor tapi Cuma beberapa menit saja, yang jelas 2 jam belum nyampe’. Materi pertama disampaikan oleh Sdr.Susilo selaku ketua BEM FE. Walaupun sudah siang, tetapi beliau menyapa dengan salam ”Selamat Pagi”. Bukan karena jamnya ngga’ cocok, tapi ”Selamat Pagi” itu diartikan kalau kita masih bersemangat seperti saat masih pagi. Dalam penyampaian materi itu, seluruh peserta diajak berinteraksi. Ahmad sebagai ketua HIMATIKA ditunjuknya kedepan untuk menjelaskan bagaimana struktur HIMATIKA itu. Untuk mengetes para staffnya, pembicara memberikan pertanyaan pada salah satu staff. Kebetulan sekali Nanthi adalah orang yang ditunjuk. Sebagai staff yang baik, ia menjawab pertanyaan itu dengan lancar. Beberapa menit setelah itu, acara harus berhenti sejenak karena waktu ashar.

Setelah ashar, kajian pun dimulai. Tapi sebelum itu dibacakan terlebih dahulu tilawah Al Qur’an oleh Rizza Aulia Rahman. Dalam materi kajian disinggung juga sedikit mengenai organisasi. Ternyata pembicara kali ini sangat luas ilmunya baik agama maupun organisasi , beliau bernama Akh’ Junaedi. Beliau berasal dari Fak Sastra Inggris. Dalam materinya sempat disinggung beberapa hal, salah satunya adalah NIAT. Niat sangatlah penting dalam mengawali segala aktivitas kita. Dengan niat yang ikhlaslah, niscaya kita akan mendapatkan pahala. Berhubung waktu saat itu mendekati pukul 5 sore maka kajian dicukupkan dan berganti ke acara ”menghias santapan buka”. Saat mengerjakan hiasan makanan, 2 orang juri mulai bekerja untuk menilai. Mereka adalah Mba’ Etika dan maz Suli. Selesai dengan hias menghiasnya, peserta langsung migrasi ke aula lantai 3 gd A. Sesampai di Aula, Juri siap menilai.dari beberapa hidangan ada satu hidangan yang matematis sekali. That are ”Phytagoraz maniez and Limit Green Drink”.Wah ouenak tenan tu… terasa maknyuzzzsss sewaktu digigit. Setelah itu pada makan & minum sendiri-sendiri dan pada pulang sendiri-sendiri. Selesai deh……

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on September 18, 2008

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU MATEMATIKA 2008

SIGMA
Siap Gabung Matematika

Selamat datang mahasiswa baru Matematika 2008 …!!
Menyambut kedatangan mahasiswa Matematika 2008, HIMATIKA mengadakan kegiatan yang bertajuk SIGMA atau Siap Gabung Matematika. Acara ini diadakan pada tanggal 22 Agustus 2008 di Aula lantai 3 Gedung A FMIPA UNS, dimulai dengan pemilihan Korti angkatan 2008. Acara dimulai dengan memilih 3 kandidat korti yaitu Sdr.Ananta, Sdr. Arif dan Sdr. Dwi S, mereka diberi kesempatan memberikan pendapat mengenai tema yang diajukan kemudian menjawab pertanyaan dari Korti 2005, Korti 2006, Korti 2007, kemudian seluruh Maru Matematika 2008 memilih secara musyawarah dan voting, akhirnya terpilih lah sdr. Arif sebagai korti 2008. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan jurusan Matematika oleh Kajur Matematika Bp.Drs.Kartiko, M.Si dan pengenalan HIMATIKA oleh Ketum Himatika Sdr. Ahmad Nur R. Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai sistem perkuliahan dan PA oleh Sekjur Matematika Bp.Drs.Isnandar Slamet M.Sc dan juga pemberian motivasi oleh Bp. Dr. Sutanto, DEA mengenai prospek jurusan Matematika dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Kemudian sebagai penutup acara SIGMA adalah display pengenalan pengurus-pengurus HIMATIKA 2008 kepada seluruh Mahasiswa Baru.

Posted under 1

This post was written by himatika on August 26, 2008

SEMINAR NASIONAL “ASURANSI SEBAGAI INVESTASI”

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA UNS menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Asuransi Sebagai Investasi”. Acara ini digelar pada hari Minggu, 11 Mei 2008 bertempat di Aula Gedung B FMIPA UNS, Jl.Ir Sutami 36 A, Surakarta pukul 08.00-13.30 WIB.

Dalam acara seminar ini yang bertindak sebagai pembicara adalah :

1. Dafras, FSAI, AAIJ, HIA, CPLHI (Pakar Asuransi – Direktur Asuransi Jiwasraya)

2. Drs. Heru Agustanto, ME (Pakar Financial – Dosen FE UNS)

3. Aditya Rony Efendi, S.Si, M.Sc (Pakar Statistik – Dosen Statistik FMIPA UGM)

Seminar dibuka oleh Dr.Sutanto, DEA (Pakar IT Solo) selaku dosen Matematika FMIPA UNS, dan diawali oleh Keynote Speaker Prof. Dr. Hartono, M.S (Guru Besar UNS) untuk membuka wacana mengenai Asuransi dan Investasi yang akan dibahas pada seminar tersebut. Acara berjalan cukup lancar dan terbilang sukses, karena dihadiri oleh lebih dari 150 peserta, baik mahasiswa dalam UNS dari berbagai fakultas maupun mahasiswa luar UNS dan juga masyarakat umum. Dengan adanya Seminar tersebut, diharapkan mampu membuka cakrawala dan pengetahuan akan pentingnya mempunyai sebuah asuransi, hal itu disebabkan banyaknya hal-hal yang tidak dapat diprediksikan resikonya baik dalam dunia kerja, bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk menghindari resiko tersebut, asuransi adalah salah satu jawaban yang dapat menjanjikan sebuah perlindangan di zaman sekarang ini. Selain itu dengan adanya Seminar Nasional tersebut, mampu menambah pengetahuan bahwa ilmu-ilmu dalam Matematika dapat diterapkan dalam berbagai lini kehidupan, salah satunya ilmu aktuaria yang sangat berperan dalam dunia asuransi.

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on May 17, 2008

SEMINAR NASIONAL….

“ASURANSI SEBAGAI INVESTASI

BURUAN BELI TIKETNYA SEBELUM KEHABISAN…..!!!!

Rp 15.000,- ________untuk mahasiswa FMIPA

Rp 50.000,- ________untuk umum

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on May 9, 2008

PORTRAN

Hari rabu tepatnya tanggal 7 mei 2008, PORTRAN ( Pekan Olah Raga Antar Angkatan ) Matematika FMIPA UNS selesai sudah ( hiks..hiks…hiks..). Ya emang agak mundur sih dari rencana awal tanggal 3 Mei 2008, mau gimana lagi cuaca yang tidak mendukung terjadi selama beberapa hari. Jadi tertunada lagi dan tertunda terussss. Portran berjalan selama ( selama berapa hari ya ????hitung sendiri ya!!!) pokoknya dimulai dari tanggal 21 April 2008 dengan dibuka oleh Bapak jurusan kita Bpk Kartiko M.Si. Cukup seru juga sih, lomba awal sekaligus perdananya adalah tarik tambang Co antara angkatan math 06 dan math 07. And the Winner is Math 07. Setelah itu dilanjutin dengan Futsal pada angkatan yang sama (eits…jadi lupa, pada tau g’k sih jenis lomba apa ja yang dilombain???). Yang jelas g’k Cuma satu lomba saja n g’k Cuma berlaku buat Co ja tapi Ce juga ikut ambil bagian didalamnya.
Untuk Co ada futsal, tarik tambang, voly, n catur. Sedang untuk Ce ada tarik tambang, gobak sodor n bakiak. Masih ada lagi ni pesertanya bukan Cuma dari math 06 dan math 07 saja loh…tapi angkatan atas math 04 dan math 05 juga tak kalah semangatnya mengikuti PORTRAN.
Mau tau g’k juara-juaranya, ni dia :
1. Untuk Co :  Futsal dimenangkan oleh math 06
Tarik tambang dimenangkan oleh math 07
Voly dimenangkan oleh math 07
Catur saidun ( math 07)
2. Untuk Ce : Tarik tambang dimenangkan oleh math 06
Bakiak dimenangkan oleh math 06
Gobak sodor dimenangkan oleh math 07
Nah dah pada tahu kan juara-juaranya….
Selamat deh buat yang juara…..

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on May 9, 2008

HAPPY BIRTHDAY HIMATIKA

Hi everybody…,HIMATIKA punya gawe lagi nie…,Dalam rangka memperingati ulang tahun HIMATIKA ke-11, Himatika mengadakan banyak kegiatan antara lain lomba kreativitas dan perayaan yang diisi acara makan-makan dan sharing…Berikut ceritanya…Nama ne kegiatan adalah Perayaan HUT HIMATIKA yang ke-11. Ne kegiatan diadain pada hari sabtu kemaren, tanggal 3 Mei 2008 sekitar pukul 9…,Tema dari acara ini adalah 11 tahun melangkah bersama HIMATIKA. Wah keren kan.., Bukan cuma temanya aja yang keren tapi acaranya pun dikemas dengan menarik. Tapi jangan salah,,acara ini bukan hanya buat pengurus aja melainkan untuk seluruh mahasiswa matematika terutama yang anggota aktif.
Acara ini dimulai dengan sharing bareng pengurus dan kakak-kakak angkatan atas yang dipimpin oleh KETUM kita,Sdr.Ahmad Nur Rohman. Dalam sharing ini, kami mengungkapkan harapan-harapan ke depan untuk HIMATIKA agar nantinya bisa lebih baik lagi. Eit hampir lupa kalo kemaren pemenang lomba kreatifitas HIMATIKA juga diumumkan lho…Nie dia pemenangnya:

1. Lomba Menulis Puisi dimenangkan oleh Septian Noer P (M’07)
2. Lomba Menulis Cerpen dimenangkan oleh Heru Triswianti (M’05)
3. Lomba Design Pamflet KM dimenangkan oleh Yayan Uji Utama (M’04)
4. Lomba Membuat Poster dimenangkan oleh Etika Suryandari (M’05)
5. Lomba Design Sticker dimenangkan oleh Nanang Saputro (M’05)

Selamat ya buat pemenang!! Buat yang udah ikutan tapi belum beruntung, jangan bersedih karena di lain waktu pasti akan berhasil..,Selain itu untuk semua peserta yang udah ikutan lomba ini bakalan dapet sertifikat lho!!
Acara dilanjutkan oleh pembagian hadiah kepada para pemenang dan pembacaan puisi oleh pemenang. Nah ini dia acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu pemotongan tumpeng yang cukup unik oleh mas yayan. Tapi sebelum motong tumpeng harus doa dulu ya untuk kesuksesan HIMATIKA…Abis itu acaranya makan-makan sekaligus penutupan..Met Ultah HIMATIKA….!!

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on May 9, 2008

SEMINAR NASIONAL COMING UP !!

Himatika FMIPA UNS akan mengadakan kegiatan akbar yang sangat sayang untuk dilewatkan, pada bulan Mei mendatang, yaitu gelaran seminar ilmiah tingkat nasional dengan tema “ASURANSI SEBAGAI INVESTASI. Acara tersebut direncanakan akan berlangsung pada tanggal 11 Mei 2008 pukul 08.00 WIB – selesai, bertempat di Aula Lt.4 Gedung B FMIPA UNS Jl.Ir Sutami No.36 A Surakarta. Pengambilan tema yang menarik tersebut, dilatarbelakangi sebuah fenomena semakin mahalnya semua kebutuhan-kebutuhan pokok di Indonesia, termasuk bidang pendidikan yang amat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Dengan adanya ketidakpastian jaminan pendidikan bagi seluruh kalangan masyarakat itulah, akhirnya menimbulkan suatu kekhawatiran, mungkinkah Indonesia bisa menjadi negara maju yang memiliki SDM berkualitas? Berawal dari hal tersebut peluang-peluang jasa asuransi dirasa perlu untuk menjamin sebuah kepastian akan tersampaikannya pendidikan dengan segala muatan ilmu didalamnya ke seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi generasi penerus bangsa. Di samping itu, ditilik dari segi keilmuan Matematika, asuransi memang menarik untuk dikaji dan diperbincangkan, sehingga yang belum tahu bisa jadi tahu, dan yang sudah tahu bisa jadi lebih tahu lagi.

Pembicara yang akan mengisi acara Seminar Nasional tersebut antara lain :

1. Pakar Asuransi Dra.Lilies Handayani (Direktur Utama BNI Life)

2. Pakar Statistik Aditya Rony Efendi, S.Si, Msc. (Dosen UGM)

3. Pakar Financial Drs. Heru Agustanto, ME. (Dosen UNS)

Untuk harga tiket masuk kegiatan Seminar Nasional, sebagai berikut :

· Rp.15.000,- untuk mahasiswa F MIPA UNS

· Rp.50.000,- untuk umum

Dengan fasilitas yang akan didapatkan antara lain:

· Sertifikat

· Seminar kit

· Cofee Break

· Snack

· Makan siang

· Door Prize

Pembayaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke Sekretariat Himatika, atau melalui transfer via rekening bank BNI dengan No Rek. 010 25 283 44 (a.n Joko Suliyono).

Informasi lebih lengkap dapat berkunjung ke Sekretariat Himatika, Lt.1 Gedung A FMIPA UNS, Jl.Ir Sutami No.36 A Surakarta, dan menghubungi contact person berikut ini :

· Arif (085647527604)

· Anti (0271 7055655)

· Ria (085293459008)

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on April 24, 2008

Seminar Nasional Himatika

Download proposal seminar nasional Himatika FMIPA UNS

Tema “Asuransi Sebagai Investasi”

download-proposal-semnas-himatika

Posted under 1

This post was written by himatika on April 21, 2008

GRAND LAUNCHING MATHEMATIC STUDY CLUB

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA UNS pada hari Kamis, 27 Maret 2008 mengadakan Grand Launching Mathematic Study Club (MSC). Acara tersebut diadakan sebagai awal pembukaan dibentuknya kelompok studi tingkat jurusan Matematika.  Kelompok studi yang didirikan oleh Bidang Pengembangan Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kematematikaan Himatika FMIPA UNS ini beranggotakan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNS dari berbagai angkatan. Bidang yang dipelajari dalam kelompok study tersebut terbagi menjadi 4 bidang,  yaitu : MSC Olimpiade Matematika, MSC Statistik. MSC English Club dan MSC Multimedia. Kegiatan MSC sendiri selanjutnya berisi pemberian materi rutin tiap bulannya yang dipandu oleh pemateri yang kompeten  kemudian direncanakan juga mampu membuat suatu karya ilmiah ataupun peningkatan softskill dari tiap anggota MSC. Dengan adanya MSC ini, diharapkan dapat memberikan suatu pengetahuan dan keterampilan lebih bagi mahasiswa jurusan Matematika agar mampu mengaplikasikan ilmu kematematikaan yang didapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu diharapkan dengan terbentuknya MSC tersebut, dapat meningkatkan kultur keilmiahan dan semangat belajar mahasiswa.

 

 

 

Posted under Cerita Tentang Himatika

This post was written by himatika on March 31, 2008